Lifestyle

TEMPO Interaktif, Jakarta - Salah satu tanda paling jelas dari penuaan dapat dihindari setelah para ilmuwan mengklaim telah menemukan penyebab utama rambut menjadi abu-abu.

Warna rambut ditentukan oleh sel-sel induk folikel rambut bekerja-sama dengan sel induk yang memproduksi warna--yang dikenal sebagai melanosit.

Namun, sekarang para ilmuwan telah mengidentifikasi protein sinyal yang mengkoordinasikan pigmentasi dalam dua jenis sel, yang dikenal sebagai Wnt.

Kurangnya protein dalam sel-sel induk melanosit menyebabkan rambut menjadi abu-abu, demikian hasil penelitian tim peneliti dari New York University Medical Centre yang menulis dalam Jurnal Cell.

Profesor Mayumi Ito mengatakan bahwa memanipulasi secara genetik protein sinyal Wnt bisa menghentikan rambut menjadi abu-abu dan timnya telah menemukan metode yang berhasil mengembalikan warna rambut pada tikus.

Prof Ito mengatakan, "Kita telah mengetahui selama puluhan tahun bahwa sel induk folikel rambut dan sel-sel melanosit penghasil pigmen berkolaborasi untuk menghasilkan rambut berwarna, tetapi alasan yang mendasarinya tidak diketahui."

"Kami menemukan sinyal Wnt sangat penting untuk tindakan terkoordinasi dari dua garis keturunan sel induk ini dan sangat penting untuk pigmentasi rambut."

Diharapkan bahwa penelitian ini bisa memberi wawasan tentang penyakit yang melibatkan melanosit, termasuk melanoma.
 
© Copyright 2011 DheAl-21 All Rights Reserved.
Template Design by DheAl-21 | Published by Blog Template 4 U | Powered by Blogger.com.