Bahaya Kurang Tidur bagi Perempuan


TEMPO Interaktif, Saat ini semakin banyak orang yang tidur kurang dari enam jam. Mungkin Anda salah satunya. Kurang tidur bukan hanya berbahaya saat Anda menyetir atau bekerja, tapi juga bisa memicu berbagai penyakit, seperti darah tinggi, diabetes, depresi dan obesitas.

Para peneliti dari University of Warwick Medical School mengungkapkan bahwa kurang tidur kini paling banyak menyerang perempuan ketimbang pria. Mereka juga menemukan hubungan yang erat antara perempuan yang kurang tidur dengan tekanan darah mereka. Kebanyakan perempuan yang kurang tidur memiliki tekanan darah tinggi.

Pekan lalu, sejumlah peneliti dari University of Pittsburgh School of Medicine mengungkapkan bahwa perempuan yang kurang tidur juga bermasalah dengan pasangannya. Namun, hal itu tak berlaku bagi para pria.

Mengapa kurang tidur berakibat buruk lebih banyak bagi perempuan? Menurut pakar kardiovaskuler Warwick Medical School, Francesco Cappucio, hal tersebut dikarenakan perempuan yang tidur lima jam sehari atau kurang memiliki tekanan darah lebih tinggi daripada perempuan yang tidur tujuh jam. Adapun pria, tekanan darahnya lebih stabil meski tidur kurang dari lima jam. "Memang ada perbedaan gen," katanya.

Francesco menjelaskan data menunjukkan para perempuan kebanyakan kurang tidur karena faktor sosial ketimbang faktor penyakit. Mereka kurang tidur karena sibuk mengurus keluarga, pekerjaan, dan kehidupan sosial. Bukan karena depresi atau insomnia.

http://www.tempointeraktif.com/hg/kesehatan/2011/06/21/brk,20110621-342166,id.html
 
© Copyright 2011 DheAl-21 All Rights Reserved.
Template Design by DheAl-21 | Published by Blog Template 4 U | Powered by Blogger.com.